Pages

Saturday, November 22, 2014

Masalah 'Airwires Hidden' di EAGLE

     Baru-baru ini saya mendapat masalah saat sedang mendesain rangkaian di EAGLE, tanpa saya sadari kalau sedang mengklik sesuatu saat menu properties wire terbuka, dan ternyata yang saya klik adalah menu pilihan "Airwires hidden", kala itu menu properties yang terbuka adalah ground wire, akibatnya adalah sambungan ke seluruh ground menghilang! 



     Terihat unrouted wire untuk ground menjadi hilang (lingkaran hitam).



     Pusing bukan kepalang gara-gara ini, saya utak-atik nih aplikasi, mencari tahu bagaimana memunculkan kembali wire yang sudah menghilang, mulai dari Display Toolbar sampai menu HELP! akhirnya saya mulai bertanya sama mbah google, ketemu juga deh sama forum yang bahas masalah ini (thanks chrisphoenix) beliau ngomong gini "Hides airwires selected via the GROUP command during routing. Simply select the airwires to hide with the group command and run this ULP. Use 'RATS *' at the command prompt to show all airwires." lalu saya ikuti saran beliau dengan ketik RATS * pada command prompt di eagle. Ahasil muncul wire yang tadinya menghilang!


         Semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment

Follow Google+

@Dori_Saka